20 Mei 2010

Ahlul Hadits dan Kemuliaannya




Sesungguhnya Allah mengutus Muhammad shallallahu'alaihi wasallam dengan petunjuk dan agama yang haq dengan tujuan meninggikan agama Islam di atas agama-agama lain di muka bumi ini, meskipun orang-orang kafir membencinya. Sesungguhnya manusia yang paling mulia dan tinggi kedudukannya di dalam menjalankan, mengikuti, mencintai, memberikan loyalitas dan pertolongan pada al haq (kebenaran) yang dibawa oleh Muhammad shallallahu'alaihi wasallam adalah para shahabat beliau yang mulia, generasi tabi'in, atba'ut tabi'in dan orang-orang yang mengikuti jalan dan petunjuk mereka sampai akhir zaman.

Sesungguhnya siapapun yang mengetahui atau mempelajari keadaan kaum muslimin terdahulu, yang mereka secara umum menisbatkan dirinya sebagai umat Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam, akan menemukan bahwa sesungguhnya ahlul hadits adalah orang-orang yang paling tinggi di dalam mengikuti, mentaati dan menyandarkan seluruh amalan mereka sesuai petunjuk yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam yang berdasarkan Al Qur'an dan As Sunnah, baik dalam permasalahan aqidah, ibadah, mu'amalah, dakwah dan hujjah.

Golongan ahlul hadits adalah orang-orang yang paling tinggi kepercayaannya dalam meyakini manhaj (jalan) yang haq, yaitu manhaj yang dibawa secara sempurna oleh Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam, dan itu adalah jalan yang selamat dan lurus. Selain jalan tersebut, merupakan jalan yang tidak disyari'atkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan tidak Diridhoi oleh-Nya, yang dapat menghantarkan kita kepada kebinasaan dan adzab.

Tidak ada komentar: