08 November 2010

Penetapan Hari Raya, Idul Adha 16 November 2010

Pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha pada 16 November. Sementara itu, Kementerian Agama RI setelah menggelar sidang istbat menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1431 Hijriyah, adalah hari Senin, 8 Nopember 2010, sehingga perayaan hari raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu, 17 Nopember 2010.

Kantor berita Arab Saudi, SPA, menyebutkan, Arab Saudi menetapkan Idul Adha jatuh 16 November. Penetapan Idul Adha itu dilakukan setelah otoritas berwenang di Saudi melakukan pengamatan bulan pada Sabtu (6/11) malam yang diperkuat dengan hasil perhitungan para astronom resmi di Saudi.

Dengan demikian, sekitar 1,5 juta jamaah calon haji dari seluruh dunia akan memulai ritual haji diawali dengan mabit di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah 1431 H atau 14 November 2010. Saat ini sebagian besar jamaah Indonesia telah berada di Mekkah untuk menunggu hari puncak haji tersebut.

Hasil Sidang itsbat dipimpin Dirjen Binmas Islam Nasaruddin Umar bertempat di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2010), menetapkan Idul Adha jatuh hari Rabu, 17 Nopember 2010. Nasarudin didampingi oleh Sekjen Bahrul Hayat dan Umar Shihab dari MUI. Hadir juga sejumlah ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al Irsyad, Jamiyatul Wasliyah, Dewan Masjid Indonesia, dan Syarikat Islam.

Padahal pelaksanaan wukuf haji tahun ini telah ditetapkan pada hari Senin, 15 Nopember 2010. Putusan pemerintah ini menimbulkan 2 subhat (polemik) bagi sebagian ummat Islam, (1) berkaitan dengan pelaksanaan shiyamu 'Arafah, apakah hari Senin atau hari Selasa, kalo hari Selasa mereka khawatir, sudah masuk 10 Dzulhijjah yang diharamkan melakukan shiyam (2) berkaitan dengan pelaksanaan 'ibadah SHolat itu sendiri, karena pedoman ibadah haji adalah pelaksanaan wukuf di Arafah, bukan ru'yatul hilal, apalagi hisab yang sangat rentan dengan galat (error) perhitungan.

Dugaan adanya potensi perbedaan Perayaan Idul Adha tahun ini, mulai muncul, tatkala pemerintah Di kalender menetapkan usia penuh (30 hari) bulan Dzulhijjah 1431 H, , artinya 1 Dzulhijjah jatuh 8 November, sehingga Idul Adha jatuh Rabu 17 November. Sedangkan PP Muhammadiyah jauh hari telah mengeluarkan maklumat nomor 05/MLM/I.0/E/2010 tanggal 16 Juli 2010 yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr HM Din Syamsuddin MA dan Sekretaris Umum Dr H Agung Danarto MAg yang menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh 7 November dan Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh 16 November.

(gun/nrl)

Tidak ada komentar: