12 Oktober 2010

Manasik Haji Rasulullah

Pemerintah memastikan kesiapan penyambutan jamaah haji di Arab Saudi sudah seratus persen rampung. Sebanyak 1.445 calon jamaah haji, kemarin(11/10), telah diberangkatkan melalui empat embarkasi. Empat embarkasi itu adalah Aceh, Medan, Banjar Masin, dan Makassar. Khusus di Makassar ada dua kloter.

Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ibadah Haji yang benar, kita perlu mempelajari manasik haji Rasulullah Shollalohu 'alaihi wasallam yang digambarkan sahabat Jabir bin Abdullah rodliallohu 'anhu sebagai berikut:

“Saat Rasulullah Shollalohu 'alaihi wasallam telah tinggal di kota Madinah selama sembilan tahun, diumumkan kepada manusia bahwasanya Rasulullah Saw akan melaksanakan ibadah haji pada tahun ke sepuluh Hijriyah. Maka para Sahabat berdatangan ke kota Madinah, berharap akan mengikuti tata cara haji Rasulullah SAW dan melakukan seperti apa yang dilakukan beliau. Kami keluar bersama beliau hingga tiba di Dzul Hulaifah. Di sana Asma’ binti Umais melahirkan Muhammad bin Abu Bakar, maka ia mengutus seseorang kepada Rasulullah Shollalohu 'alaihi wasallam untuk bertanya apa yang harus diperbuatnya, beliaupun bersabda: “Mandilah dan tutuplah tempat keluar darah dengan kain dan berihramlah!”. Kemudian Rasulullah Shollalohu 'alaihi wasallam melaksanakan shalat di masjid.

( Baca Selengkapnya )

Tidak ada komentar: